Uncategorized

Perkenaan Kaki Pada Bola Untuk Arah Bola Melambung Dengan Teknik Kaki Bagian Dalam

nk-clinic.net – Apakah anda adalah seorang pemain sepak bola? Pasti tidak akan asing mendengar istilah tendangan melengkung atau bisa juga disebut sebagai tendangan pisang. Tendangan ini berfungsi untuk menipu kelompok lawan akan arah datangnya bal. Dimana seolah-olah bal mengarah ke kanan, namun sebenarnya mengarah ke kiri. 

Untuk melakukan aktivitas tersebut memang terbilang sulit. Apalagi, masih jarang sekali ditemui pemain sepak bola mahir melakukannya. Bahkan, dapat dikatakan hanya segelintir orang yang bisa. Oleh karena itu diperlukan latihan rutin supaya bisa melakukannya secara tepat. Sehingga, anda pun perlu tahu bagaimana cara tendangan melengkung dengan terlebih dahulu membaca panduan lengkap. 

Cara melatih tendangan pisang

  1. Ambil ancang-ancang

Ambillah langkah persiapan terlebih dahulu dan kemudian tendanglah bal sebisa anda menggunakan tungkai bawah bagian dalam. Umumnya, jika anda pengguna tungkai sebelah kanan untuk menendang, maka badan akan sedikit condong ke kiri dari sasaran. Berlaku juga sebaliknya bagi pengguna tungkai sebelah kiri.

  1. Perhatikanlah bagian yang dijadikan tumpuan

Perhatikanlah tungkai sebagai menyangga badan. Tempatkanlah anggota badan tersebut untuk tumpuan sedikit melengkung ke arah yang diinginkan. Dengan begitu, saat pemain melancarkan kicking, maka posisi kedua kaki sejajar setidaknya berjarak kurang lebih 0,3 m. Tempatkan tungkai sejajar anda agak jauh, sehingga dapat mudah melakukan kicking menggunakan kaki bagian dalam.   

Selain itu, jarak pada saat kicking juga jangan terlalu dekat, sebab dapat mengurangi kekuatan kicking pemain.

  1. Jagalah posisi tangan

Ketika anda akan melakukan kicking, tekuklah sedikit badan. Kemudian rentangkanlah tangan sebagai penyeimbang. Selain itu, apabila merentangkan tangan, maka dapat menambah tenaga dalam menendang.  

  1. Lakukan kicking tepat di titik pertemuan antara ibu jari dan telapak kaki

Ketika bal berpilin ke arah sisi dalam, maka tendanglah menggunakan tungkai bawah di titik pertemuan antara ibu jari dan telapak kaki. Namun, tungkai satunya tetap dalam posisi diam sebagai tumpuan. Selain itu, perlulah seorang pemain tetap menjaga keseimbangan badan menggunakan kedua tangan.  

  1. Follow through 

Follow through dapat dilakukan dengan mengayunkan tungkai bagian untuk menendang. Dimana bal tersebut merupakan operan dari teman setim. Jadi, pemain mengayunkan kaki, ketika mendapat operan dari teman setim dengan mengarahkannya ke gawang sebagai upaya mencetak gol.

  1. Menendang dengan bola terangkat

Supaya menendang dengan bal terangkat dapat dilakukan, maka pemain perlu melakukan kicking dengan menendang bagian bawah bola, maka bolanya akan berpilin dan akhirnya melengkung ke bawah. Sebagai catatan apabila pemain ingin melambungkan bola, maka condongkan badan ke belakang. Begitu juga sebaliknya jika ingin melengkung ke bawah, maka condongkan badan ke depan.

Baca Juga : 7 Cara Memilih Kado Ulang Tahun untuk Sahabat Pria

Begitulah penjelasan singkat mengenai cara melatih diri supaya bisa melakukan tendangan pisang. Lakukanklah latihan berulang agar bisa melakukannya. Sebab cara tendangan melengkung dapat menjadi lebih baik apabila melakukan praktik langsung secara kontinu.